top

“Tersenyumlah, Karena yang Baik itu Akan Segera Kamu Alami” Roma 8:28

Renungan Harian, Selasa 21 November 2017
"Tersenyumlah, Karena yang Baik itu Akan Segera Kamu Alami" Roma 8:28
Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 143; Yohanes 20; Zakharia 7-8

Saat mendaki, saya menemukan sebuah pohon tua yang jatuh, itu adalah kayu uang membusuk. Dari situ tumbuh satu anak pohon. Pohon muda tidak tumbuh dari tanah; itu tumbuh keluar dari pohon. Sebuah pohon baru tampil bersinar dari pohon yang telah berlalu. Hidup baru keluar dari yang lama.

Beberapa mungkin mengatakan itu seperti reinkarnasi, tetapi tidak, pohon muda bukan pohon mati yang lahir kembali. Pohon itu tumbuh dari biji dari pohon yang berdiri dan menemukan makanannya di kayu pohon tumbang yang membusuk. Pohon yang mati hanya menyediakan tempat bagi pohon baru untuk tumbuh.
Kita sering membicarakan hal semacam ini terjadi ketika seseorang meninggal atau terpisah, dan seseorang yang baru bangkit. Entah baik atau buruk, apakah kita suka atau tidak, yang lama hampir selalu harus mencari jalan untuk yang baru.
Namun, hal baru yang keluar dari yang lama ini juga terjadi saat kita menderita, gagal, kehilangan sesuatu atau bahkan seseorang yang berharga.
Pikirkan saat-saat kamu menderita - secara fisik, emosional, profesional, atau melalui bencana ekonomi atau bahkan alam. Kamu mungkin tidak pantas mendapatkannya, dan itu mengerikan.
Pikirkan saat kamu gagal melakukan sesuatu-meskipun kamu sudah melakukan usaha terbaik, kegagalan sedang berada tepat di depan wajahmu. Kamu melakukan yang terbaik pada pekerjaan atau hubungan itu, dan keadaan berjalan dengan baik.
Pikirkanlah saat kamu kehilangan sesuatu-mungkin dompet atau pekerjaan, atau mungkin seseorang yang kamu sayangi. Hal ini atau orang dengan nilai terbesar hilang, tidak pernah kembali.
Pikirkan salah satu kemalangan, kegagalan, atau kerugian seperti pohon tumbang tua itu. Mereka mati dan membusuk. Kemudian ini: Roma 8:28 berjanji bahwa "Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”
Dalam penderitaan, kegagalan, kehilangan kita, ada sesuatu yang mati. Dan itu menyakitkan. Kita mungkin hanya ingin meringkuk di lubang atau pergi atau melupakan saja dan meneruskan kehidupan ini. Dan ada saatnya untuk hal ini, yakni seperti waktu pohon tua mati dan jatuh ke tanah, dan waktu yang lebih lama lagi untuk membusuk. Namun begitu, setiap fase adalah bagian dari proses yang dimaksudkan Allah.
Di dalam rancangan Tuhan - baik di alam maupun dalam janji Firman-Nya - fase sekarat tidak akan pernah berujung menjadi berakhir. Tidak pernah.
Saat Yeremia meratapi jatuhnya Yerusalem kuno, dia berhenti di tengah dan mengakui kebenaran abadi ini bahwa tidak peduli betapa hebatnya sebuah bencana, bahkan hukuman yang pantas, Tuhan tidak akan pernah mengecewakan kita melainkan malah mengangkat sesuatu yang baru, sesuatu yang baik, keluar dari abu. Dan dengan iman dan kesabaran kita akan melihatnya:
Ingatlah akan sengsaraku dan pengembaraanku, akan ipuh dan racun itu." Jiwaku selalu teringat akan hal itu dan tertekan dalam diriku. Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! "TUHAN adalah bagianku," kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya. TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia. (Ratapan 3:19-25 ).
Baca juga: Tak Ada Pengecualian, Pendeta Greg Laurie: Semua Orang Kristen Dipanggil Untuk Memuridkan
Dalam penderitaan, kegagalan, kehilangan kita, benih ditanam. Mungkin itu penyembuhan, sebuah sikap, iman, penebusan, kesempatan, restorasi, kekuatan. Ini bertunas. Dan itu akan menjadi sebuah pohon baru.
Awalnya, sesuatu yang baru di dalam kehidupan ini mendekap di dalam pembusukan yang lama. Akan tetapi hal baru di dalam kita tumbuh. Itu tumbuh melebihi apa pun yang bisa dimiliki diri lama kita-karena kita tumbuh sebagai manusia, sebagai putra dan putri Allah. Dan itu indah.
Apakah benih yang untukmu itu? Dan apakah pohon baru yang di dalam hidupmu itu?
Sekarang bertumbuhlah!
Source : www. jawaban.com)
Selamat beraktifitas, tetap semangat. Tuhan Yesus Memberkati

Note: Apabila Saudara ingin memesan dvd khotbah GBI Danau
Bogor Raya bisa menghubungi Sekretariat Kantor Gereja (0251) 8351059

Post a Comment

Where to find us

Chapel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur elit sed do eiusmod tempor incididunt.
a
[contact-form-7 404 "Not Found"]