“Tahu Rasanya Kehilangan? Tuhan Sendiri Merasakannya” Matius 18:12

Renungan Harian, Sabtu 3 Februari 2018
"Tahu Rasanya Kehilangan? Tuhan Sendiri Merasakannya" Matius 18:12
Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 34; Kisah Para Rasul 6; Keluaran 17-18

Aku, istriku Barb dan enam anak kami memutuskan liburan dengan kendaraan SUV kami selama seminggu di Florida. Salah satu tempat yang akan kami tuju adalah di pantai. Walaupun aku tak suka pantai, tapi demi kebahagiaan pernikahan kami akupun tetap ikut.
Udara pantai itu sangat panas dan tak berawan. Setiba di tepi pantainya, akupun langsung berteduh di salah satu payung mahal yang dipasang di sana. Kami duduk lalu membongkar barang-barang bawaan kami.
Aku memang menikmati suasana damai di sana. Udara bercampur rasa asin air laut, kicauan burung camar dan deruan ombak membuatku sedikit kewalahan. Ketenangan ini berlangsung selama beberapa menit sebelum akhirnya aku bergegas untuk melakukan peranku sebagai ayah. Aku segera mengambil persediaan sanak-anak dan memastikan semuanya ada.
“Satu dua tiga empat lima….” Anak keenam menghilang. Kedamaian yang aku rasakan tadi seketika itu juga lenyap. Anak perempuanku yang berusia dua tahun, Mira, menghilang. Aku segera melompat dari kursi menghampiri Barb dan bertanya “Dimana Mira?” Dia malah menggeleng dan mulai panik. Kami segera mengumpulkan anak-anak kami dan mulai mencari Mira. Barb mulai menangis dan terus berlari ke pantai mencari keberadaan Mira.
Kami bertanya ke setiap orang yang lewat. Ketakutan semakin menghantui kami saat semua orang mengaku tak melihat gadis kecil kami. Akhirnya, seorang wanita datang dan mendekati kami. Dia mengaku melihat gadis kecil baru saja lewat beberapa menit yang lalu. Dia dan keluarganya pun ikut mencari Mira.
Tiba-tiba, aku berhenti saat melihat seorang penjaga pantai menggendong Mira di pelukannya. Aku pun segera menghampirinya dan melihat wajah Mira yang tampak biasa-biasa saja. Sementara kami, keluarganya sudah begitu panik.
Pengalaman singkat kehilangan Mira rasanya seperti pengalaman kehilangan untuk selamanya. Meskipun kejadian itu hanya terjadi selama beberapa menit saja. Hal itu pun membuat kami memutuskan pulang liburan lebih awal.
Di malam sesaat kami tiba di rumah, aku masih terus mengingat kejadian itu. Aku bahkan sulit tidur dan terus mengingat-ingat kejadian di pantai itu. Aku akhirnya memutuskan berdoa dan membiarkan Tuhan berbicara secara pribadi.
Selama beberapa saat dalam keheningan, Tuhan mengingatkanku soal perumpamaan domba yang hilang (Matius 18). KebenaranNya mulai meresap ke dalam hatiku. Ada suara yang berkata, “Chad, apakah kamu ingat bagaimana perasaanmu saat Mira hilang?” “Ya, jawabku. Aku nggak akan pernah lupa itu.”
Jawab Tuhan, “Aku mau kau tahu perasaan seperti itulah yang Aku rasakan saat kehilangan setiap jiwa di bumi.” Setelah mendengar kata-kata itu, untuk pertama kalinya aku merasakan hubunganku dengan Tuhan seperti seorang anak dengan ayahnya. Aku begitu bersimpati kepada Tuhan setelah tahu betapa hatinya teramat besar kepada ciptaanNya yang jatuh dan anak-anakNya yang terhilang. Aku pun paham betul bahwa Dia bersedia melakukan apapun, termasuk mengutus Anak-Nya ke Kayu Salib untuk membawa kembali anakNya yang hilang.
Kelegaan kami dipertemukan lagi dengan Mira hanyalah secuil dari rasa sukacita yang dialami Bapa saat salah satu anakNya yang hilang kembali pulang. Nggak heran kalau para malaikat bersukacita karena hanya satu orang berdosa yang bertobat. Satu anak kesayangan Tuhan sudah diselamatkan dan dibawa pulang ke dalam pelukan Bapa yang penuh kasih.
Tuhan menghargai satu jiwa seharga darahNya yang tertumpah di kayu salib.
Source : www. jawaban.com)
Selamat beraktifitas, tetap semangat. Tuhan Yesus Memberkati

Note: Apabila Saudara ingin memesan dvd khotbah GBI Danau
Bogor Raya bisa menghubungi Sekretariat Kantor Gereja (0251) 8351059

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *