Seberapa Penting Aku Buat Kamu?

Filipi 2:3b-4 

Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. 

Ketika seseorang bertanya, “Seberapa penting aku buat kamu?” mereka ingin tahu apakah mereka memiliki tempat istimewa dalam hati kita. Semua orang ingin dicintai dan merasa diterima dalam keluarga atau komunitas.  

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan perhatian dan cinta kita adalah melalui pelayanan. Pelayanan adalah tindakan membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Ini tidak selalu harus sesuatu yang besar; bahkan hal-hal kecil bisa berdampak besar pada kehidupan seseorang. 

Seberapa sering Anda mau melepaskan ego pribadi dan belajar untuk mengutamakan kepentingan orang lain?  

Paulus dalam ayat di atas menasihati kita untuk selalu mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan kita sendiri. Ini berarti kita harus bersedia membantu dan peduli pada kebutuhan orang lain. 

Merendahkan hati adalah kunci untuk melayani dengan benar. Dengan merendahkan hati, kita akan lebih peka terhadap kebutuhan orang lain dan bersedia memberikan bantuan. Ingatlah bahwa kita adalah manusia biasa dengan kelemahan dan kekurangan. Kita saling membutuhkan, dan tidak bisa hidup sendiri.  

Contoh pelayanan sederhana yang dapat kita lakukan: 

1. Menjadi pendengarkan yang baik untuk mereka yang sedang membutuhkan teman curhat. 

2. Memperhatikan tetangga, rekan kerja, rekan gereja atau keluarga, dan menemukan kebutuhan yang bisa kita jawab. Mungkin itu hanya sekedar mengantarkan makanan untuk mereka, atau berdoa dan memberi semangat ketika mereka sedang sakit.  

Dua hal tadi hanyalah contoh kecil yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita belajar untuk selalu mengutamakan kepentingan orang lain. Dengan melakukan ini, kita sedang menjadi saksi bagi dunia, bahwa kita saling mengasihi dengan kasih Kristus yang tulus.  

Action : Buatlah keputusan untuk memperhatikan dan melayani satu orang yang ada di dekat Anda, dengan prinsip bahwa kepentingannya lebih utama dari diri Anda.  

Ayat hafalan : Yohanes 13:35, “Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” 

source: jawaban.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *