Percaya Tuhan Sedang Membimbing

Mazmur 23:4
“Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”

Dalam perjalanan hidup, ada saat-saat ketika ketidakpastian menyelimuti kita, dan kita mendapati diri kita berdiri di persimpangan jalan. Tidak yakin dengan langkah selanjutnya! Di saat-saat seperti itu, penting untuk diingat bahwa iman kita tidak ditentukan oleh tujuan kita, tetapi di dalam tangan Tuhan yang menuntun kita ke sana. Kita bisa melangkah maju dengan kepercayaan bahwa Tuhan sedang membimbing kita.

Kita mungkin sedang menebak-nebak apa yang akan terjadi di depan atau menduga hasil usaha dan kerja keras kita gagal, seperti merasa terapi kesehatan yang kita lakukan setiap hari tampak sisa-sia. Tapi tahukah bahwa Tuhan mengatur setiap usaha kita, dan memakai hal-hal yang menurut kita tidak berhasil jadi alat yang membentuk bukan hanya kehidupan kita tetapi juga kehidupan orang-orang di sekitar kita. 

Firman Tuhan mengajarkan kita tentang kuasa iman dalam menghadapi ketidakpastian. Disampaikan dalam 

Mazmur 23:4
“Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.” Ada jaminan bahwa bahkan di saat-saat yang begitu menantang, penyertaan Tuhan selalu hadir!

Abraham pernah berada di tengah masa ketidakpastian dalam menantikan penggenapan janji Tuhan (Kejadian 12: 2-3). Walaupun dia terus menunggu, benih janji itu telah tertanam di dalam dirinya dan menjadi kenyataan (Ibrani 6: 15). Sama halnya dengan kita, saat kita ragu akan banyak hal, mungkin kemampuan kita, usia kita, atau keadaan kita, ingatlah kata-kata dalam Mazmur 23, Tuhan tetap setia!

Tuhan tahu keterbatasan kita. Bahkan saat kita tidak dapat melihat jalan ke depan, majulah dengan berani, selalu ingatkan diri bahwa Tuhan senantiasa membimbing. Walaupun kita tidak tahu arahnya, percayalah bahwa Tuhan yang mengarahkan.

Action: Pergumulan apa yang sedang kamu atau keluargamu hadapi saat ini? Ambil waktu berdoa bersama dan perkatakan janji Tuhan yang Dia sampaikan terjadi atas hidup kalian. 

Ayat Hafalan: 

Mazmur 37:3-4

“Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia,dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.”

source: jawaban.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *