“Jangan Angkat Sendiri Beban Masalahmu, Serahkanlah Kedalam Tangan Tuhan yang Perkass” 2 Korintus 1: 3-4

Renungan Harian, Rabu 26 Juli 2017
"Jangan Angkat Sendiri Beban Masalahmu, Serahkanlah Kedalam Tangan Tuhan yang Perkasa" 2 Korintus 1:3-4
Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 26; Matius 26; II Raja Raja 15-16

Kesulitan datang dalam segala bentuk, bisa masalah keluarga, keuangan, stres atau penyakit. Saat kita berada di sana, rasanya akan seperti serangan yang sangat mencekam. Masalahnya adalah apa sih sebutan kita terhadap kesulitan itu? Tuhan menyebutnya sebagai ujian.
Kabar baiknya adalah, Tuhan yang ada di atas sana tidak berkata, “Bagaimana saya bisa mengirim kekacauan pada anak-anak saya?” Tidak sama sekali! Dia yang justru menyediakan jalan keluar. Dia adalah penyedia dan penyelamat kita.
Aku punya beberapa teman yang benar-benar menjalani ujian besar: anak-anak mereka pemakai dan pengedar narkoba; dua anggota keluarga mengalami kecanduan terhadap alkohol. Satu teman dekatku mengalami stress lalu mengkonsumsi obat anti-depresi yang sama sekali tidak bekerja. Lalu saat ini, dia benar-benar membahayakan dirinya sendiri secara fisik. Mereka semua bahkan adalah orang-orang yang cinta Tuhan, pelayan dan percaya Tuhan. Lalu kenapa hal itu terjadi atas hidup mereka? Tuhan tidak menjamin anak-anak-Nya bebas dari masalah dan penderitaan di dunia ini.
Tapi semua masalah itu bisa dilewati dan selesai jika kita benar-benar fokus dalam doa dan membaca firman Tuhan. Pikiran mungkin saja bisa mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi, tapi hati kita tidak akan bisa. Baru-baru ini, aku mendengar seorang pendeta mengatakan, “Sulit untuk membungkus hati Anda dengan masalah yang cukup menusuk jiwa Anda!” Pernyataan ini dalam sekali! Ini adalah salah satu pernyataan yang kamu ingin dengarkan lewat cermin atau lemari esmu.
Tapi sebagai manusia yang terbatas, kita tentunya tak akan mampu mengatasi masalah kita seorang diri tanpa bantuan Tuhan. Karena kita perlu merendahkan diri di bawah tangan Tuhan yang perkasa. Karena saat kita melakukan hal itu, Dia akan mengangkat kita dan semua kekhawatiran dan masalah kita. 1 Petrus 5:6-7.
Jika kita tetap berusaha mengatasinya sendiri, mungkin kita bisa bertahan. Tapi jika kita menyerahkannya kepada Tuhan, maka kita tidak perlu menahan beban masalah itu sendiri, tapi kita bisa melepaskannya sepenuhnya. Karena Tuhan sanggup mengangkat segala beban penderitaan kita dan menggantinya dengan sukacita dan penghiburan 2 Korintus 1:3-4.
Inilah kebenarannya, bahwa Tuhan adalah sumber penghiburan kita dan itulah yang kita butuhkan. Begitu kita terhibur dan melewati masalah kita, kita akan dimampukan untuk membantu orang lain. Ketika masalah mengetuk pintu kehidupan kita, kirimlah Yesus sebagai jawabannya!
Tuhan sanggup tak pernah gagal, Dia akan buka jalan jauh melebihi segala yang kita harap dan kerjakan.
(Source : www. jawaban.com)
Selamat beraktifitas, tetap semangat. Tuhan Yesus Memberkati

Note: Apabila Saudara ingin memesan dvd khotbah GBI Danau Bogor Raya bisa menghubungi Sekretariat Kantor Gereja (0251) 8351059)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *