“Bukan Soal Rencanamu, Tapi Inilah yang Bisa Membuatmu Berhasil” 1 Samuel 30: 8

Renungan harian Sabtu, 5 Mei 2018
"Bukan Soal Rencanamu, Tapi Inilah yang Bisa Membuatmu Berhasil" 1 Samuel 30: 8
Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 125; 1 Korintus 14; 1 Samuel 16-17
 
Setiap kali Raja Daud berhadapan dengan musuh atau rintangan, dia pasti akan lebih dulu ‘bertanya kepada Tuhan’.
Di 1 Samuel 30, dituliskan bahwa saat Daud dan orang-orangnya diserang, orang Amalek datang ke kemah mereka dan membawa semua wanita dan anak-anak mereka. Daud menghadapi bahaya dari orang-orangnya sendiri yang putus asa oleh tragedi itu. Tapi Daud tak pernah lupa meminta pertolongan dari Tuhan.
Saat itu Daud bahkan dalam situasi yang sangat sulit karena semua anak buahnya sedang berduka atas kehilangan anak-anak mereka. Mereka sempat berencana untuk melempari dia dengan batu. Tapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan, Allah. Dia pun mengatakan kepada imam Abyatar, “Bawalah efod itu kepadaku!” Maka Abyatar pun membawa efod itu kepada Daud (1 Samuel 30:7).
Lalu Daud bertanya kepada Tuhan, “Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul? Dan Ia berfirman kepadanya: “Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.” (1 Samuel 30:8)
Kita mungkin sering berada dalam situasi sulit seperti yang dialami Daud. Saat tantangan atau masalah datang, kita cenderung tergoda untuk berpaling dari Tuhan. Kita marah dan sakit hati. Namun di masa-masa sulitlah kita harus mencari Tuhan dan mencari pimpinan-Nya. Daud bisa saja menyerah dalam keputusasaan dan lari dari Tuhan di masa-masa itu. Tapi dia tidak lari sama sekali, dia malah mengejar Tuhan.
Dia juga bisa saja meminta supaya Tuhan memberkati rencananya untuk mengejar orang Amalek itu. Tapi Daud tak memilih untuk melakukannya. Dia justru bertanya kepada Tuhan, “Haruskah aku mengejar gerombolan itu?” Lalu dia menunggu jawaban dari Tuhan.
Apa yang dilakukan Daud pada umumnya sangat berbeda dengan yang biasa kita lakukan. Kita justru cenderung meminta supaya Tuhanlah yang memberkati apa yang kita lakukan. Mungkin itu adalah doa yang baik. Tapi yang seharusnya kita lakukan adalah mencari rencana Tuhan dalam doa-doa kita supaya Dia mengarahkan dia untuk melakukan apa yang dikehendaki-Nya.
Daud mendengar suara Allah dan kemudian mengikuti pimpinanNya. Dan Tuhan pun memberkati rencana itu. Kita semua tahu bahwa akhir dari cerita ini adalah Daud kembali mengambil semua yang dicuri darinya. Dia menyelamatkan kedua istrinya. Semua yang sempat hilang akhirnya kembali lagi.
Hari ini, saat kamu berdoa tanyakanlah kepada Tuhan apa yang seharusnya kamu lakukan dalam hidupmu. Apakah rencanamu memang sudah sesuai dengan kehendakNya? Lalu tunggulah sampai Tuhan menjawabnya dan lalu lakukankah sebagaimana diperintahkanNya.
Sebelum melangkah dan bertindak, carilah Tuhan dan kehendakNya maka jalan-jalanmu akan diluruskanNya.
Source : www. jawaban.com)
Selamat beraktifitas, tetap semangat. Tuhan Yesus Memberkati
 
Note: Apabila Saudara ingin memesan dvd khotbah GBI Danau
Bogor Raya bisa menghubungi Sekretariat Kantor Gereja (0251) 8351059

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *