Bergerak Maju Kalahkan Ketakutan

Yosua 1:9

“Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.”

Kita sering menemukan tulisan “Jangan takut!” dimana-mana; di tembok gedung, di kaos yang kita kenakan, di topi hingga di kendaraan-kendaraan. “No Fear!” demikian tulisannya. Tapi nyatanya, ketakutan adalah perasaan alamiah manusia sebagai bentuk respon dari sebuah ancaman atau bahaya. 

Ada banyak hal yang bisa kita takutkan dalam hidup ini; takut perubahan, takut gagal, takut ditolak, takut akan pekerjaan, takut akan keamanan finansial, takut punya anak atau bahkan takut akan masa depan. Tapi tahukah bahwa rasa takut ini bisa menjadi raksasa dalam hidup kita, sehingga kita berhenti mengejar hal-hal yang Tuhan sediakan untuk kita atau menunda melakukan panggilan-Nya. 

Tapi inilah yang Tuhan sampaikan kepada Yosua, “Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu:

Yosua 1:9

kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.” 

Yosua akhirnya memimpin bangsa Israel untuk taat mengikuti perintah Tuhan. Karena itu mereka terus bergerak, tidak membiarkan rasa takut mengalahkan mereka. 

Mari belajar dari keberhasilan Yosua. Perjalanannya dengan Tuhan sendiri yang membuatnya berhasil. Jadi apapun hal besar yang terjadi dalam hidup kita, teruslah bergerak maju dan kalahkan rasa takut itu dengan ketaatan kepada Tuhan.

Action: Apa ketakutan terbesar yang kamu alami saat ini? Perkatakan perintah Tuhan kepada Yosua “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu!” bahwa Tuhan akan senantiasa menyertai. Kamu sanggup melaluinya!

Ayat Hafalan: 

Roma 8:31

“Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?”

source: jawaban.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *