“Tahun 2017 Tahun Mujizat Penuaian [Bag II]”

Ringkasan Khotbah Gembala
Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo [Bag II]
edisi 5 Februari 2017
"Tahun 2017 Tahun Mujizat Penuaian [Bag II]"
 
4. Berdoa Dengan Pokok Doa yang Dikabulkan Tuhan
a. Menuruti Segala Perintah-Nya dan Berbuat Apa yang Berkenan Kepada-Nya
 
“dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.” I Yohanes 3:22
 
b. Melakukan Amanat Agung dan Menghasilkan Buah Roh
 
“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.” Yohanes 15:16
 
c. Memuliakan Tuhan
 
“Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: “...Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.” 1 Tawarikh 4:9-10. Ternyata Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya karena Yabes memuliakan Tuhan.
 
Salah satu cara memuliakan Tuhan adalah:
“Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.” (Amsal 3:9-10). Persembahkanlah buah sulung tahun 2017 yaitu penghasilan yang Saudara peroleh pada bulan Januari 2017, supaya Saudara alami berkat yang berlimpah-limpah.
 
d. Doa yang Sesuai Dengan Kehendak Tuhan
“Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.” 1 Yohanes 5:14b
 
5. Doa Bapa Kami
DOA BAPA KAMI terdiri atas 3 (tiga) bagian, yaitu:
 
a. Pembukaan
“Bapa kami yang di sorga dikuduskanlah Nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga” Ini berbicara tentang pujian pengagungan. Jika kita berdoa demikian maka Tuhan disenangkan.
 
b. Tiga Pokok Doa
• “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”
 
Yabes meminta berkat yang berlimpah-limpah, tetapi di sini dikatakan, “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.” Artinya biarlah berkat Tuhan yang berlimpah-limpah itu kita pakai secukupnya, selebihnya untuk orang lain, dan untuk pekerjaan Tuhan.
 
• “…dan ampunilah kami akan kesalahan kami seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami”
 
Kalau kita tidak mengampuni orang yang bersalah kepada kita maka kita juga tidak diampuni. Tuhan Yesus mengajar kita untuk minta ampun itu tiap hari, bukan tiap minggu, tiap bulan, tiap tahun.
 
- Kalau kita tidak mau minta ampun tiap hari, maka janganlah makan tiap hari.
 
- Kalau kita minta ampun, Tuhan ampuni, kalau kita tidak minta ampun dan tidak mengampuni orang yang bersalah kepada kita, jangan harap Tuhan akan mengampuni.
 
- “…dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat”
 
“Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.” Yakobus 1:13b-15
 
Memang yang menjerat dan memikat keinginan kita itu adalah Iblis. Berdoalah supaya kita keluar sebagai pemenang. Hati-hati jangan sampai cinta akan uang! Uang itu tidak jahat, tetapi cinta akan uang itu berbahaya.
 
c. Penutup
“Karena Engkaulah yang punya kerajaan, kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin!” Kembali, bagian penutup ini berbicara tentang pujian dan pengagungan kepada Tuhan.
 
6. Membaca Alkitab Setiap Hari
Memasuki tahun 2017, Tuhan berpesan, “Kamu banyak baca atau pelajari Kitab Mazmur.” Saya bertanya, “Tuhan, apa hubungannya?” Tuhan berkata, “Gereja ini DNA-nya adalah restorasi Pondok Daud”.
 
Setiap hari saya membaca Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, Mazmur dan Amsal. Dan akhir-akhir ini Tuhan inginkan saya banyak membaca KITAB WAHYU. Jadi sekarang saya juga membaca Kitab Wahyu setiap hari.
 
KITAB MAZMUR
Dari 150 pasal dalam Kitab Mazmur, hanya 100 pasal yang diketahui penulisnya. Dari 100 pasal tersebut, 73 pasal ditulis oleh Daud, dan 50 pasal lainnya tidak diketahui penulisnya, tetapi banyak orang menafsirkan bahwa itu kebanyakan ditulis oleh Daud; sehingga dari 150 pasal itu lebih kurang 100 pasal yang ditulis oleh Daud. Kitab Mazmur adalah Kitab Nyanyian Pujian yang dipakai dalam Ibadah pada zaman Daud, dan itu adalah di dalam Pondok Daud.
 
1. Beberapa Keistimewaan Kitab Mazmur
 
a. Kitab Terpanjang dalam Alkitab
 
Terdiri 150 (seratus lima puluh) pasal.
 
b. Berisi Pasal yang Terpanjang
 
Mazmur 119:1-176, dengan perikop: “Bahagianya orang yang hidup menurut Taurat Tuhan.” Temanya adalah ungkapan pengagungan terhadap Firman Tuhan.
 
c. Berisi Pasal yang Terpendek
 
– Mazmur 117:1-2
 
Temanya adalah agar bangsa-bangsa memuji Tuhan, memegahkan Tuhan, sebab kasih Tuhan itu hebat dan kesetiaan-Nya untuk selama-lamanya.
 
d. Berisi Ayat Tengah dari Alkitab
 
– Mazmur 118:8
 
“lebih baik berlindung kepada Allah daripada percaya kepada manusia.”
 
2. Kitab Mazmur Mengandung 3 (tiga) Hal yang Harus Kita Lakukan
 
a. Mengagungkan dan menghormati Firman Tuhan
 
b. Memuji Tuhan
 
c. Berlindung kepada Allah, bukan kepada manusia
 
Inilah tuntunan Tuhan dalam memasuki tahun 2017. Kiranya Saudara dapat menangkap satu-persatu pesan Tuhan ini, Saudara pegang baik-baik. Saudara dengar, Saudara percaya dan Saudara ikuti dan pasti Saudara berbahagia. Jangan lihat keadaan dunia, Firman Tuhan berkata “dunia ini akan dihancurkan dan semua akan menuju ke sana.” Jangan kena tipuan hari-hari ini dimana itu hanya sukses sementara. Yang terpenting adalah sukses hidup selama-lamanya, ini yang Saudara harus pikirkan. Memasuki Tahun 2017, Saudara akan mengalami seperti tema tahun 2017, TAHUN 2017 TAHUN MUJIZAT PENUAIAN. Amin.
Tuhan Yesus Memberkati

No Comments Yet.

Leave a comment