“Tuhan Yesus Adalah Sumber Kepercayaan Yang Tak Pernah Mengecewakan” Mazmur 25:8-12

Renungan Harian, Kamis 8 Maret 2018
"Tuhan Yesus Adalah Sumber Kepercayaan Yang Tak Pernah Mengecewakan" Mazmur 25:8-12
Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 67; Markus 11; Bilangan 17-18

Saya ingat beberapa waktu kemarin pernah mengambil kursus salsa bersama sekelompok teman. Ini adalah pertama kalinya saya berdansa dimana pria dan wanita memiliki peranan masing-masing : pria akan memimpin dan wanita akan mengikuti.
Sebagai wanita, prinsip saya ini hampir mendarah daging dimana wanita nggak seharusnya membiarkan diri mereka tunduk pada dominasi pria.
Namun ketika saya mengikuti pola dansa tersebut dimana saya harus menikmati peran dansa saya sebagai wanita dan mengikuti pemimpin saya yang adalah sang pria maka saya mendapatkan pewahyuan dari Tuhan. Saya sangat menyadari bahwa banyak dari kita (baik laki-laki ataupun wanita) yang kerap menyamakan kepemimpinan dengan dominasi. Padahal, itu keliru. Bila kamu tetap memercayainya maka bersiaplah itu akan merugikan dirimu sendiri.
Di ballroom dance, tujuan utama pria adalah untuk memberdayakan wanita supaya mengekspresikan kecantikan, keanggunan, dan keindahannya melalui tarian, dengan harapan menarik perhatian para penonton. Kemudian, peran utama pria adalah memerhatikan lingkungan mereka terus-menerus, menentukan gerak yang baik, dan dengan percaya diri membimbing wanita tersebut dengan lembut dan menaruh tangannya ke punggung atau pinggulnya.
Ketika itu terjadi, wanita tersebut dibawa oleh pria itu dari rasa ketakutan akan bahaya bertabrakan dan menghasilkan tarian yang indah dengan musik yang mempesona.
Saya ingat beberapa waktu yang lalu, ketika pasangan tari saya berulang kali gagal untuk menjaga tangannya tetap kuat dan memegang punggung saya. Akibatnya saya mendapati diri saya terus-menerus melihat ke belakang dari balik bahu saya dalam ketakutan bahwa kamu kemungkinan akan jatuh.
Yap! Hal itu mengganggu saya karena saya nggak bisa memercayai pemandu yang kurang percaya diri tersebut. Rasanya saya menari dengan mata tertutup, sangat menakutkan.
Akan tetapi ketika saya dipasangkan dengan pria yang memiliki percaya diri yang tinggi untuk memimpin, berhati-hati di dalam membimbing dan melindungi setiap langkah saya, saya pun merasa aman dan tenang dalam pelukannya, sehingga akhirnya kami bebas menikmati tariannya dengan indah.
Demikian juga, Tuhan ingin memimpin kita bukan untuk mendominasi kehidupan kita, melainkan ingin membebaskan kita. Kita diciptakan menurut gambar Allah sendiri sehingga saat kita menyerahkan diri kepada tuntunan-Nya yang penuh kasih dan memegang peranan yang diberikan-Nya maka secara tepat kita akan mencerminkan keindahan dan kasih karunia-Nya kepada dunia yang penuh dengan ketakutan dan kekosongan ini.
Lalu, gimana kita bisa belajar membiarkan Tuhan memimpin hidup kita?
Yesus mengingatkan kita dalam Matius 15:14 untuk menghindari pemimpin yang tidak benar dan jangan mengikutinya
"Biarlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang."
Sebaliknya ketika kita menyerahkan hidup kita kepada Tuhan yang benar, yang penuh kasih, yang penuh kebijaksanaan, Sang penguasa dan Maha Tahu, maka kita akan bebas untuk menjadi seperti yang Tuhan inginkan. Saya yakin Ia dapat menuntun kita ke sana karena kita telah percaya akan kehadiran, kebaikan dan kesetiaan-Nya yang tak pernah habis kepada kita.
"Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku, .... Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku" (Mazmur 139:5;9-10)
“Semua orang bisa mengecewakan, tetapi Tuhan Yesus adalah Allah yang tidak pernah mengecewakan.”
Source : www. jawaban.com)
Selamat beraktifitas, tetap semangat. Tuhan Yesus Memberkati

Note: Apabila Saudara ingin memesan dvd khotbah GBI Danau
Bogor Raya bisa menghubungi Sekretariat Kantor Gereja (0251) 8351059

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *