Selalu Ada Pilihan Untuk Mengucap Syukur Setiap Hari

Mazmur 28:7, “TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.”

Ada banyak hal yang perlu kita syukuri dalam hidup ini setiap hari. Namun kenyataannya terkadang tuntutan hidup, perjuangan dan kekuatiran yang terus-menerus memberikan lebih banyak ruang untuk menyerah daripada bersyukur. Bahkan di tengah kesibukan dan tekanan hidup, kita bisa saja lupa untuk hanya sekadar berhenti sejenak dan mengucap syukur atas semua yang sudah Tuhan lakukan dalam hidup kita. Kita bisa sulit melakukannya karena berbagai kesulitan dalam hidup kita. Kelelahan kita. Atau mungkin rasa kecewa kita. 

Tapi Tuhan selalu memberikan kita pilihan setiap hari untuk mengucap syukur. Dan dengan hati yang penuh ucapan syukur, kita menyadari bahwa apapun yang kita hadapi, Tuhan tidak hanya bekerja untuk mengubah situasi kita dan membantu kita melewati masalah kita. Dia melakukan hal yang lebih besar. Dia mengubah hati kita! 

Tahukah bahwa hati yang mengucap syukur punya kuasa untuk memberikan kita damai sejahtera dan ketenangan. Tak peduli apapun situasi atau pergumulan kita, mengucap syukur sangat bermanfaat bagi hidup kita karena:

1. Mengingatkan kita bahwa kita tidak punya kuasa untuk mengendalikan segala hal dalam hidup kita, sehingga kita akan selalu rendah hati dan bergantung kepada Tuhan.

2. Membantu kita untuk menyadari bahwa kita mempunyai banyak hal untuk disyukuri, sekalipun itu adalah hal kecil. 

3. Mengingatkan kita bahwa Tuhan adalah pemberi segala pemberian yang baik. Tuhan adalah penyedia kita dimana Dia memberikan segala nikmat dan anugerah dengan murah hati kepada kita.

4. Hati yang bersyukur selalu menghasilkan luapan sukacita, bukan keluhan. 

5. Mampu membuka pintu berkat yang tak berkesudahan sehingga Tuhan bisa memakai kita sebagai sumber berkat bagi orang lain.

Hari ini, apapun keadaan yang kita sedang hadapi maukah kita mengucap syukur kepada Tuhan untuk segala hal yang Dia berikan dalam hidup kita?

Action: Ambil secarik kertas dan tuliskan apa saja yang membuatmu tidak bersyukur di sepanjang tahun ini? Di bulan terakhir ini, pakailah sebagai kesempatan untuk mengubah keadaan dengan mengucap syukur atas semua keadaan tersebut.

Ayat Hafalan: Roma 8:28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

source: jawaban.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *