Saling Menopang Satu Sama Lain

1 Korintus 12:20-21 

“Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau." 

Untuk membangun satu tim yang kuat, kita perlu saling menopang satu dengan yang lain. Kita tidak bisa mengandalkan kemampuan kita sendiri, sebaliknya di dalam sebuah tim kita saling membutuhkan.

1 Korintus 12:20-21

“Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau."

Ada kisah pada waktu Tuhan Yesus melayani, ribuan orang berbondong-bondong mengikuti Dia hingga menjelang petang. Melihat kondisi mereka, maka Tuhan Yesus menyuruh murid-murid-Nya untuk mengatur segala sesuatu. Dia meminta agar setiap orang yang hadir diberi makan. 

Kita bisa bayangkan bagaimana murid-murid-Nya begitu kelabakan memenuhi permintaan Tuhan Yesus tanpa persiapan sebelumnya. Jika kita memposisikan kondisi ini di masa sekarang, mungkin kita bisa dengan mudah memesan makanan via telepon untuk dikirimkan. Tetapi di masa itu masih sangat terbatas. Tahukah Anda apa yang dilakukan murid-murid saat itu?

Pertama-tama, Mereka Pasti Akan Menyuruh Semua Orang Mengambil Posisi. 
Tentu saja tidak mudah, karena mereka harus mengatur ribuan orang yang datang. 

Kedua, Mereka Bekerjasama Memastikan Setiap Orang Mendapatkan Roti Dan Ikan Yang Dibagi-bagikan Dengan Tertib.

Ketiga, Mereka Dengan Sigap Mengumpulkan Semua Sisa Makanan Dan Membereskan Semua Hal. 

Kita bisa menyimpulkan bahwa murid-murid melakukannya dengan solid, saling mengerjakan bagiannya dan mengikuti setiap instruksi yang sudah dibuat. Sehingga peristiwa fenomenal yang tercatat dalam sejarah Alkitab ini bisa berjalan dengan baik. 

Melalui kisah ini, kita bisa memetik pelajaran berharga bahwa kita tidak hanya membutuhkan mukjizat Tuhan tetapi juga kita membutuhkan skill atau kemampuan untuk bekerja sama di dalam tim dan memastikan banyak orang diberkati melalui pekerjaan yang Tuhan lakukan. 

Sama seperti murid-murid Tuhan Yesus yang bekerja saling mendukung dan menopang, kita juga perlu menerapkan hal serupa di dalam mengerjakan pekerjaan kita di dalam tim. Kita perlu memahami untuk apa Tuhan menempatkan kita di dalam satu pekerjaan dan untuk siapa kita melakukannya. 

Dan hal yang tak kalah penting agar kita bisa saling menopang sebagai satu tim adalah kita perlu memastikan bahwa kita punya hati betul-betul mau bergandengan tangan dengan orang lain. 

Jadi, untuk kita bisa melayani Tuhan dengan maksimal kita membutuhkan teman, pemimpin dan orang lain. Dan kita perlu menopang mereka, sekalipun itu melalui doa-doa kita. 

Action: Pagi ini, ambil waktu untuk menopang rekan-rekan kerja maupun pemimpin kita di pelayanan maupun di tempat kerja di dalam doa kita.

Hak cipta @Maria Kaesmetan

source: jawaban.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *