Sadarlah Dan Berjaga-jagalah

Hari ini kita diingatkan, bahwa kita harus selalu sadar dan berjaga-jaga. Di dalam

I Petrus 5:8

"Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya."

Peringatan dan nasihat ini bukan omong kosong. Apabila kita lengah, meskipun hanya sesaat, maka lawan kita si Iblis akan menyergap dan menerkam kita. Sebab Iblis terus berjalan berkeliling sama seperti singa yang mengaum-aum mencari orang yang dapat ditelannya.

Saat berperang, lawan adalah fokus utama sasaran kita. Sekali saja kita lengah, ia akan dapat menjatuhkan kita dengan kekuatan yang mungkin tak pernah kita perkirakan. Itulah sebabnya kita perlu berjaga-jaga bahkan extra berjaga-jaga di hari-hari yang jahat ini. Berjaga-jaga berarti waspada terhadap segala kemungkinan, terutama dalam hal-hal negatif. Berjaga-jaga juga berarti sikap bersiap-siap, awas atau berhati-hati.

Mengapa kita harus selalu berjaga-jaga?
Di dalam I Petrus 5:8 tadi, dikatakan bahwa kita sebagai orang percaya harus sadar dan berjaga-jaga karena lawan kita si Iblis berjalan keliling seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Apa yang Iblis sedang lakukan atau sedang buat atas orang-orang percaya? Iblis ingin membuat orang-orang Percaya atau anak-anak Tuhan; Kehilangan kasih (kasih menjadi dingin), kehilangan sukacita, kehilangan damai sejahtera, kehilangan kesabaran, kehilangan kemurahan, kehilangan kebaikan, kehilangan kesetiaan, kehilangan kelemah-lembutan, kehilangan penguasaan diri, hidup dalam keinginan daging, hidup dalam keinginan mata, hidup dalam kepahitan hati, hidup dalam kesombongan.
Iblis juga berusaha membuat panik, membuat bingung, membuat kacau, membuat ketakutan, membuat kecewa dan membuat patah semangat. Apa yang harus kita lakukan?

Yang Pertama, Kita Harus Ingat, Bahwa Iblis Sedang Berjalan Di Sekeliling Kita.
Ketika segala sesuatu terlihat sangat tenang, mungkin ia sedang berada di antara ketenangan itu.

Yang Kedua, Kita Harus Bersiap-siap Karena Iblis Datang Di Saat Yang Tidak Kita Harapkan.
Iblis ingin mencuri, membunuh dan membinasakan.

Yang Ketiga, Kita Harus Menolak Untuk Tidak Mendengarkan Bisikannya.
Jangan perdulikan apa yang ia tawarkan, meskipun seolah-olah itu hal yang sangat menguntungkan.

Yang Keempat Dan Yang Paling Penting, Iblis Harus Dilawan.
Kita harus ingat bahwa Iblis itu dapat dilawan karena Firman Tuhan di dalam perjanjian baru sebanyak dua kali berkata: Lawanlah Iblis!!!


Terpujilah Tuhan Yesus Kristus yang selalu membawa kita di jalan kemenangan-Nya. (AH)

source: hmminisitry.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *