Saat Sungai Menjadi Kering Masihkah Kamu Percaya?

1 Raja-raja 17:5-7

Lalu ia pergi dan ia melakukan seperti firman TUHAN; ia pergi dan diam di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan. Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu. Tetapi sesudah beberapa waktu, sungai itu menjadi kering, sebab hujan tiada turun di negeri itu.

Bacaan Alkitab Setahun  : Mazmur 148; Yohanes 8; 2 Samuel 23-24

Setelah menyampaikan pesan Tuhan kepada Ahab bahwa tidak aka nada hujan selama beberapa tahun, Elia mendapatkan perintah Tuhan untuk bersembunyi di dekat sungai Kerit. Disana ia tidak kekurangan air, bahkan Tuhan mengirimkan burung gagak untuk memberi makan Elia roti dan daging.

Namun itu tidak berlangsung lama, karena hujan tidak turun juga sungai itu akhirnya menjadi kering juga. Air tak lagi mengalir, sungai itu berubah menjadi tempat kering dan berbatu tanpa kehidupan.

Apakah kamu juga pernah mengalami seperti Elia?

Kamu merasa sudah melayani Tuhan, hidup menurut firman-Nya, dan merasa Dia menutunmu kepada jalan yang saat ini kamu jalani. Namun mengapa pada akhirnya tidak ada lagi air, yang kamu alami kekeringan. Apa yang sedang terjadi?

Mungkin kamu mulai bertanya-tanya apakah Tuhan masih menyertaimu, atau apakah Tuhan sedang mengujimu? Mungkin juga kamu bertanya, apakah kamu sudah melakukan tindakan yang salah, atau mungkin ada dosa yang membuat berkat Tuhan terhalang?

Namun semua pemikiran itu hanya akan memperburuk kondisi, karena hal itu akan mulai menggerogoti imanmu.

Yuk kita lihat kembali, apa yang dilakukan Elia?

Maka datanglah firman TUHAN kepada Elia:

"Bersiaplah, pergi ke Sarfat yang termasuk wilayah Sidon, dan diamlah di sana. Ketahuilah, Aku telah memerintahkan seorang janda untuk memberi engkau makan." (1 Raja-raja 17:8-9)

Ya, Elia tidak bertanya-tanya pada dirinya sendiri, dia tidak marah dan kuatir. Dia bertanya kembali kepada Tuhan. Dia datang kepada Tuhan dan menunggu arahan selanjutnya. Yang lebih penting lagi, Elia tetap taat walau arahan yang diberikan Tuhan mungkin tidak masuk akal baginya.

Jadi, pastikan hal yang sama kamu lakukan. Dalam kondisi apapun kehidupanmu, baik dalam kelimpahan atau kekurangan, selalu datang kepada Tuhan untuk mendengarkan suara-Nya. Taatlah kepada tuntunan Tuhan itu, dan tetap percaya bahwa Dia tidak pernah meninggalkanmu baik di masa susah dan senang. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *