Benar – Benar MERDEKA! [Bagian 1]

Kami memberkati Indonesia, sungguh Indonesia ada dalam hatimu Tuhan. Indonesia pasti dan sudah mengalami transformasi. Indonesia baru ada depan kami.

Diberkatilah bangsa kami, pemimpin kami, pemerintahan kami, suku-suku yang ada. Dan kami percaya, dalam waktu yang segera, ada jutaan, jutaan, jutaan orang Indonesia akan bertekuk lutut mengaku Yesus adalah Tuhan.

Kami bersyukur untuk hamba-hambaMu di Indonesia, umat-umatMu di Indonesia, gereja-gereja, diberkatilah mereka, menjadi terang dan garam bagi Indonesia, Di berkatilah rumah tangga-rumah tangga di gereja-gerejaMu

Terimakasih untuk para pemimpin rohani kami, di manapun mereka berada, Tuhan juga berkati.

Kami juga berdoa bagi tanah di samping, segala penghalang-penghalang yang ada, kami patahkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus!

Engkau tuntun kami berkati kebenaran FirmanMu, kami bersyukur pengurapanMu ada bagi kami. Kuasai sepenuhnya tanah hati kami, agar boelh bertumbuh, berakar, dan berbuah.

Shalom dan selamat pagi, semua pasti diberkati Tuhan. Amin! pada bulan Agustus lalu, kita memperingatu HUT kemerdekaan bangsa kita, tahun ini adalah yang ke-71.

Yohanes 8:36 "Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka." Apa ciri orang-orang yang benar-benar mengalami kemerdekaan. Kita periksa, apakah kita memiliki ciri-ciri sebagai orang-orang yang merdeka didalam Kristus?

#1 Mengasihi Tuhan

Kenapa kita mengasihi Tuhan?

sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. (1 Petrus 1:18-19)

Saudara dan saya sudah ditebus Tuhan, kita ditebus Tuhan dengan darah yang murah atau mahal? Mahal! Precious blood! Amat sangat mahal. Saya mau tekankan dalam hidup setiap jemaat Tuhan, setiap kita adalah orang-orang yang sudah ditebus Tuhan dengan darah yang luar biasa mahalnya!

Itu harus ada di dalam benak setiap Saudara! Bahwa Saudara sudah ditebus bukan dengan emas perak, tapi oleh darah yang sangat mahal. mahal sekali.

Saudara, kenapa darah Kristus itu darah yang mahal? Ada 4 hal:

  • Karena punya kuasa untuk menebus. Saudara seharusnya mati. Upah dosa ialah maut. Tapi Dia tebus, bayar lunas, menjadikan darah Kristus adalah darah yang mahal.
  • Dalam darah Kristus ada pengampunan. Waktu datang kepada Kristus, walaupun merah seperti kirmizi sekalipun, Dia sanggup membuatnya putih seperti salju, ada kuasa pengampuanan!
  • Ada perlindungan. Setiap pagi, setiap hari, Saudara harus berdoa minta perlindungan, tutup bungkus dengan kuasa darah Yesus Kristus, diri saya, keluarga saya. Ada begitu banyak kejahatan yang dahsyat hari-hari ini. Saudara harus minta perlindungan kuasa darah Yesus Kristus.

Ada kesembuhan. Di dalam darah Kristus ada kesembuhan. Semua mau mengalami kesembuhan? Amin!

Saudara yang dikasihi Tuhan, waktu orang Israel ada di negara Mesir, Tuhan perintahkan kepada Musa, bahwa bangsa-Ku keluar dari tanah Mesir. Kita tahu ceritanya., dalam Kitab Keluaran, Musa memimpin bangsa Israel keluar. Ada tulah, halangan-halangan luar biasa dari Firaun, supaya bangsa Israel tidak keluar dari Mesir. Tapi Tuhan mendatangkan tulah sampai sepuluh tulah. Tulah paling dahsyat itu adalah tulah kesepuluh. Tuhan bilang, nanti malaikat maut akan datang, dan semua anak-anak sulung akan mati. Tapi untuk warga Israel, ambil anak domba umur satu tahun yang tidak bercacat, ambil darahnya, nanti kuaskan di kusen, gerbang pintu rumah tanggamu. Kiri-atas-bawah, sehingga waktu malaikat maut lewat dan lihat ada darah itu, dia akan lewati.
Bangsa Israel bisa keluar karena semuanya mengalami keluputan dari kematian yang luar biasa.
Ada 3 titik saat darah itu di ambang pintu rumah. Kiri, kanan, dan atas. Di kayu salib juga tiga titik, kiri kanan dan bawah. Tiga titik berbicara seorang manusia terdiri dari roh, jiwa, dan tubuh. Saudara yang dikasihi Tuhan, bukankah Firman Tuhan dalam 1 Tesalonika 5:23 berkata, ... semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Tiga-tiganya harus dikuasai dengan kuasa darah Yesus Kristus.

- Roh 

Di dalam diri orang percaya ada Roh Kudus. Roh terang tidak bisa bersatu dengan roh gelap. Terang dan gelap tidak bisa menjadi satu, Di dalam diri Saudara sudah ada Roh Kudus, terang kebenaran di dalam diri Saudara. Saya mau katakan, jangan lagi Saudara datang ke "orang-orang pinter" 
Pernah ada kejadian, ada seorang pergi kwamiah, diramal, masih muda. Tapi karena datang dan percaya, dan dia diramal. Bapak umur 60 tahun akan mati. Ini tertanam dan betul akhirnya mati di umur 60 tahun. Jangan lagi cara pertolongan dari kuasa-kuasa seperti itu. Pertolongan hanya ada dalam nama Yesus Kristus. Terang sama gelap tidak bisa menjadi satu.
Kalau belum menikah, ayo cari pasangan yang seiman. Kalau sudah kadung, terlanjur, baca 1 Korintus 7. Cari pasangan yang seiman! 

- Bayi tabung menurut Sinode Gereja Bethel Indonesia

Menyimpang sedikit, berbicara pernikahan, dalam Sinode GBI memiliki satu ketetapan mengenai bayi tabung. Inti dari penjelasan yang ada, Gereja kita tidak bisa menerima, tidak menyetujui bayi tabung, tentu penjelasan ini memiliki paparan rohani dan medis yang ada. Saudara, dalam prosesnya, setiap bayi tabung akan dipilih, dan diambil terbaik, dan yang lain akan dimatikan. Ini berbicara pembunuhan sehingga bayi tabung di dalam Sinode GBI tidak disetujui. Demikian penjelasannya secara singkat. Kalau perlu nanti dibagikan atau ditanyakan ke Departemen Pengajaran kita agar lebih lengkap.
Semua tetap semangat? Amin

-   Jiwa

Dalam jiwa ada perasaan, emosi, sakit hati, ada kehendak. Jiwa Saudara harus dikuasai oleh kuasa darah Yesus Kristus. Disapu dengan kuasa darah Yesus Kristus.

Ada survei kepada orang-orang Kristen, mengagetkan, hampir 70% orang di gereja tersebut ternyata memiliki hati yang tidak beres. Benci, iri hati, kecemburuan, sakit hati, kedengkian. Hari-hari ini kita berbicara kedatangan Tuhan dan Tuhan menghendaki hati yang bersih akan bertemu Tuhan Yesus Kristus.
Jangan hati kita dipenuhi kekotoran.

Saudara kalau masuk ke satu kampung, sebagai tamu senantiasa ada di tembok-tembok kampung itu ada plang tulisannya bertuliskan, tamu harap lapor ke RT 1x24 jam

Saudara, kalau marah, kalau ada sesuatu di dalam hati, Tuhan kasih waktu bukan satu tahun, tapi paling lambat 1x24 jam. Firman Tuhan katakan, jangan simpan amarahmu sampai matahari terbenam. Tuhan Yesus pernah marah ngga? Pernah. Marah tidak apa-apa. Marah yang positif, marah karena ada yang salah kerjakan, bisa. Tapi bukan marah karena dengki, sakit hati, iri hati. Marah atasa sesuatu yang melanggar Firman Tuhan. Kalau Saudara marah karena dengki, iri hati, maka segeralah bikin beres dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

-  Tubuh

Tuhan ingatkan, jaga tubuhmu. Jaga baik-baik tubuh Saudara dan saya. Tiga bagian, roh jiwa dan tubuh. Saya mau katakan, ketiga-tiganya harus ada di dalam doa: Roh kita berdoa, jiwa kita berdoa, tubuh kita berdoa.

Roh kita berdoa waktu kita berdoa dalam bahasa roh. Membangkitkan iman kita, Sehingga kalau didorong berdoa dalam bahasa roh, lakukan, membangkitkan iman kita. Jiwa kita berdoa. Kita berdoa dengan kata-kata, berkati Indonesia, berkati anak-anak.

Tubuh kita berdoa, wakti worship leader ajak angkat tangan, loncat-loncat, tepuk tangan. Kalau diajak loncat, tepuk tangan, menari, ayo kita ikuti. Waktu kita berdoa dengan tubuh kita, kita diberkati Tuhan.

Mari, kembali saya mau tanya, hari-hari ini Saudara masih menyisihkan waktu untuk Tuhan? Amin!

Seorang hamba Tuhan, Corrie ten Boom, berkata, kalau iblis tidak bisa menjadikan Saudara orang jahat, dia akan membuat Saudara menjadi orang sibuk! if the devil can't make you bad, he'll make you busy! 

Sibuk itu bahasa inggrisnya busy. Ternyata itu adalah singkatan being under Satan's yoke. Kalau Sudara sibuk sampai tidak lagi sempat baca Firman, berdoa, hal-hal rohani, Saudar hati-hati, saya mau katakan Saudara ada dalam cengkeraman, kuk iblis. Oh tidak, hari-hari ini kita harus melepaskan kuk-kuk itu dengan kuasa darah Yesus Kristus.

Jangan kita diikat dengan segala kuk seperti itu!

jadi roh kita berdoa, jiwa kita berdoa, tubuh kita berdoa. Kita harus menyisihkan, bukan menyisahkan waktu. Semua sipa? Amin!

Saudara, apa ciri orang yang sudah mengalami kemerdekaan dalam Tuhan? pertama adalah mengasihi Tuhan.

bersambung ke edisi 9 Oktober 2016

No Comments Yet.

Leave a comment