“Peluang” Yohanes 14:16-17

Renungan Harian, Rabu 6 Juli 2016
"Peluang" Yohanes 14:16-17

Setelah ditunggu-tunggu, beberapa waktu lalu keluarga saya akhirnya dapat pergi berlibur. Sayangnya saya tidak bisa ikut mereka karena keadaan yang tidak memungkinkan. Tetapi itu bisa menjadi berkat bagi orangtua istri saya dapat bertemu dengan cucu-cucunya dan berkumpul bersama. Walaupun begitu, saya tetap mengantar mereka ke bandara dan saya tidak meninggalkan bandara sebelum mereka pergi tinggal landas. Ketika saya kembali ke rumah keadaannya tampak sangat berbeda. Sangat sepi dan saya sendirian. Apakah yang saya rasakan itu benar?
Sebenarnya, Tuhan ada bersama dengan saya. Yesus berjanji bahwa Dia tidak akan meninggalkan pengikut-Nya sendirian, tetapi akan mengirimkan Roh Kudus pada mereka. Jadi sebenarnya saya tidak sendirian. Roh Kudus berada di dalam saya, siap mendorong dan menguatkan saya.
Mungkin Anda berada dalam situasi yang sama. Pasangan Anda mungkin sedang melakukan perjalanan bisnis. Atau anak-anak Anda pergi menuntut ilmu. Orang yang Anda kasihi mungkin telah meninggal atau pindah. Apapun kasusnya, ingatlah bahwa Tuhan menyertai Anda. Roh Kudus ada untuk menghibur Anda, menopang Anda, dan menguatkan Anda. Dia tidak akan pernah meninggalkan dan mengabaikan Anda. Anda tidak akan pernah sendiri.
Sementara keluarga saya dalam perjalanan, saya mengalami campur tangan Tuhan dengan cara lain. Walaupun saya tidak dapat pergi bersama dengan keluarga, Tuhan dapat mendatangkan sesuatu yang baik dari situasi buruk. Tuhan sangat mengagumkan dan ahli dalam melakukan itu. Roma 8:28 berbunyi, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."
Apa yang Tuhan lakukan adalah Dia menebus waktu. Tuhan menunjukkan beberapa hal yang bisa dilakukan selama keluarga saya pergi. Saya tidak perlu merasa sendiri dan menghabiskan waktu bermalas-malas di rumah. Ada banyak cara bagi Dia untuk membuat waktu ini menyenangkan dan produktif bagi saya. Jika orang yang Anda kasihi sedang pergi dan Anda memiliki banyak waktu, ada banyak cara bagi Tuhan untuk memberkati Anda selama waktu tersebut. Tetapi Anda harus membiarkan Dia memberkati Anda dan Anda perlu bekerja sama dengan-Nya.
Pertama, ingat bahwa Anda tidak sendirian. Tuhan mengasihi Anda dan Dia bersama Anda di dalam pribadi Roh Kudus. Dia tidak akan meninggalkan dan mengabaikan Anda. Dia ada untuk menasihati, menghibur, menguatkan dan menolong Anda untuk tumbuh secara rohani.
Kedua, buat kesempatan ini untuk memperkuat saat teduh pribadi Anda dengan Tuhan. Habiskan lebih banyak waktu membaca dan mempelajari Alkitab. Renungkan apa yang Anda baca dan biarkan Tuhan menunjukkan kepada Anda bagaimana menerapkannya dalam hidup Anda. Biarlah ini menjadi waktu yang menyegarkan dan menyehatkan jiwa Anda. Sembah Allah dan biarkan Roh Kudus memenuhi Anda.
Selain Anda diberkati, biarkan Tuhan berbicara juga tentang bagaimana Anda dapat menjadi berkat bagi orang lain. Gunakan bakat dan talenta Anda untuk Kerajaan-Nya. Bagaimanapun Tuhan telah memberikan bakat kepada Anda, kembangkanlah bakat itu dengan setia. Bahkan jika Anda merasa bakat itu sepele, Anda dapat dibuat kagum ketika bakat itu memberkati orang lain.
Ya, akan ada waktunya saat orang yang dikasihi atau teman-teman berada jauh dari kita. Saat Anda dalam posisi ini, Anda dapat memanfaatkan sebagian besar waktu luang Anda. Walaupun Anda memiliki waktu banyak atau sedikit dalam genggaman tangan Anda, biarkan Tuhan memakainya. Ambil kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Biarkan Dia memperbaharui dan menyegarkan Anda. Lalu pergilah dengan kekuatan dari Tuhan dan jadilah berkat bagi banyak orang. Ketika Anda mengijinkan Dia memimpin Anda ke arah yang benar, Dia akan ada bersama Anda untuk memberikan hasil yang terbaik dari setiap peluang yang Anda miliki.
(Source : www. jawaban.com)
Selamat beraktifitas, tetap semangat. Tuhan Yesus Memberkati

No Comments Yet.

Leave a comment