Menjadi Pribadi Dermawan Yang Suka Memberi & Tidak Pelit

Ulangan 15:7 "Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu."

Saat ini keadaan kita mungkin berbeda-beda, ada yang berkelimpahan, berkecukupan, pas-pasan atau bahkan kekurangan. Bagaimanapun keadaan kita saat ini, setiap kita pasti dikaruniakan kelebihan dari Tuhan dalam hal-hal tertentu, mungkin tidak harus selalu tentang materi, bisa jadi dalam aspek lainnya. Pahami, bahwa Tuhan memberikan kita kelebihan-kelebihan itu, agar kita memiliki kemampuan untuk berbagi dengan sesama kita lebih banyak lagi.

Ada banyak cara untuk kita bisa memberi. Jika ada di antara kita memiliki kelebihan uang, kita bisa membantu saudara dan sesama kita yang sedang kesusahan untuk makan, atau jika kita memiliki skill atau keahlian terhadap suatu hal, kita bisa mengajarkan orang lain yang membutuhkan keterampilan tersebut.
Kita juga bisa memberikan waktu, perhatian dan tenaga kita untuk orang sekitar kita yang sedang membutuhkan bantuan kita dan masih banyak hal lain yang kita bisa berikan. Jika kita sedang kekurangan, belajarlah dari teladan janda miskin yang memberi dalam keadaan kekurangan, dikatakan dalam Injil Markus 12:44 "Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya." Artinya kita harus memiliki sikap hati tulus, kerelaan hati, motivasi yang benar, tidak terpaksa dan tidak bersungut-sungut. Tuhan tidak melihat seberapa besara persembahan kita, tapi Dia melihat motivasi hati kita saat memberi.

Marilah kita memberi apa yang ada pada kita, yang kita memiliki dan jangan kita tahan-tahan, seperti yang firman Tuhan katakan dalam Ulangan 15:7

No Comments Yet.

Leave a comment