Mengambil Langkah Iman Untuk Mengatasi Ketakutan

Yosua 1:8“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” 

Amsal 13:20, “Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.” 

Filipi 4:6-7, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” 

Buatlah langkah-langkah konkret yang dapat membantumu untuk mengatasi rasa takut dan ketidakpastian dalam hidupmu dengan iman. 

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memfokuskan diri pada Tuhan dan membaca firman-Nya secara teratur. Dalam Yosua 1:8, Tuhan berfirman, “Bacalah kitab Taurat ini dengan tekun dan pertimbangkanlah dengan cermat, dan lakukanlah segala sesuatu yang tertulis di dalamnya. Maka engkau akan berhasil dalam usahamu dan berjalan menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN.” Dalam firman Tuhan, kita dapat menemukan kekuatan dan penghiburan untuk mengatasi rasa takut dan ketidakpastian. Dengan membaca firman Tuhan secara teratur, kita dapat memperkuat iman kita dan memfokuskan diri pada Tuhan. 

Langkah kedua adalah membicarakan rasa takut dan ketidakpastianmu dengan orang Kristen yang bijaksana. Dalam Amsal 13:20, tertulis, “Siapa berjalan dengan orang bijaksana, ia menjadi bijaksana, tetapi siapa bergaul dengan orang bodoh, ia menderita juga.” Ketika kita berbicara dengan orang Kristen yang bijaksana, kita bisa mendapatkan arahan dan motivasi yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Kita juga bisa memperoleh dukungan dan doa yang dibutuhkan untuk mengatasi rasa takut dan ketidakpastian dalam hidup kita. 

Langkah ketiga adalah memohon bantuan Tuhan dalam doa dan mengambil tindakan konkret untuk mengatasi rasa takut dan ketidakpastian. Dalam Filipi 4:6-7, Tuhan mengajarkan kita untuk “tidak kuatir akan sesuatu, tetapi dalam segala hal, dengan doa dan permohonan, serta ucapan syukur, sampaikanlah permintaanmu kepada Allah. Dan damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hatimu dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” Ketika kita memohon bantuan Tuhan dalam doa dan mengambil tindakan konkret, kita dapat mengatasi rasa takut dan ketidakpastian dengan iman. 

Ayat Hafalan: 1 Petrus 5:7, “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

source: jawaban.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *