Melangkah di 2024

"Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.
Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu."

Yesaya 60:1-2

Kita sudah berada di musim baru di tahun 2024. Ada banyak hal yang kita alami melewati tahun 2023. Baik suka maupun duka. Tekanan dan masalah, pergumulan dan kesusahan, maupun juga kegembiraan dan kemenangan melewati masa sukar, atau meraih capaian yang diharapkan. Pengalaman kejutan atas kebaikan Tuhan yang tiba-tiba dan berkat yang di luar dugaan, semua itu kita alami dalam perjalanan melewati tahun 2023. Syukur dan pujian bagi Tuhan Yesus Kristus, Allah yang setia menyertai dan penuh anugerah atas kita yang mengasihi-Nya.

Mari siapkan hati bagi perjalanan kita di tahun ini. Hal utama yang kita harus bangun adalah senantiasa selaras melangkah bersama Tuhan Yesus. Demikian kita menapaki perjalanan satu tahun ke depan.

Tuhan menghendaki kita menjadi terang. Keadaan dunia saat ini adalah dalam kegelapan, bahkan kenyataannya semakin gelap menjelang kedatangan kembali Tuhan Yesus. Kita adalah anak-anak terang. Terang itu menaklukkan kegelapan. Tuhan mau terang kita bersinar menerangi sekeliling kita. Ketika sampai di akhir tahun nanti, seharusnya kita bisa menyaksikan, bahwa hidup kita telah jadi terang yang menyinari sekeliling.

Saat kegelapan melingkupi dunia, terang Tuhan terbit atas kita. Sebagaimana Tuhan menciptakan alam semesta dimulai dengan menciptakan terang di hari pertama (Kejadian 1: 3-5), terang Tuhan adalah kepentingan yang utama bagi kita.
Bumi yang rusak, kacau dan gelap gulita, tiba-tiba mengalami terang oleh karena kehadiran terang yang difirmankan, sedemikian hidup kita juga diubahkan oleh kehadiran Tuhan Yesus. Yesus sebagai terang dunia, telah mengubah kita dari orang berdosa yang semula hidup dalam kegelapan jadi terang (Yohanes 8: 12 "Akulah terang dunia, barang siapa mengikuti Aku .... akan mempunyai terang hidup"). Sekarang kita menjadi anak-anak terang yang hidup dalam kebenaran menuju kemuliaan kekal ke surga bersama-Nya. Karena mengalami perjumpaan pribadi dengan Sang Terang Surga, kita diubahkan jadi terang di tengah kegelapan. Yesus adalah terang dunia yang mengubahkan kita dari gelap menjadi terang, Dia mengutus kita jadi terang yang menyinari:


Efesus 5:8-9Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran

Panggilan Tuhan atas kita sekarang ini adalah menjadi terang yang menyinari, memancarkan kebaikan dan kasih-Nya untuk dirasakan dan dialami oleh orang lain yang berjumpa dengan kita:


Matius 5:16 "Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Tuhan Yesus telah datang memulihkan kita ke dalam rupa dan gambar Allah, sehingga kita terus diubahkan jadi semakin serupa Kristus (Matius 5: 48 "Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.). Melalui mempraktekkan kebaikan dan kasih-Nya karena buah Roh Kudus yang kita hasilkan, rupa Kristus semakin nampak dikenali melalui kita. Biarlah buah perbuatan kita menyatakan kasih dan kebaikan yang murni terus dirasakan sebagai buah yang terasa manis dialami orang-orang sekeliling kita.
Mari bangkit dan menjadi teranglah ! (MG)

source: hmministry.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *