Kuasa Kebenaran Firman Tuhan

Efesus 6:11 

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.”

Efesus 6:14 

Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan…”

Bagaimana kita bisa mencapai Tanah Perjanjian dalam hidup kita? Minggu ini kita akan menggali rahasia kedua untuk menang dalam pertempuran kita yaitu dengan berjaga-jaga. 

Untuk meraih kemenangan, kita perlu senantiasa mengenakan perlengkapan senjata Allah. Apa saja itu? Hari ini kita akan belajar salah satu diantaranya tertulis dalam 

Efesus 6:14 “Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran…”

Mengapa kita perlu berdiri teguh mengenakan ikat pinggang kebenaran? Untuk orang bisa mengangkat beban dan mengatasi beragam rintangan yang dihadapi supaya semua berjalan dengan baik, maka pinggang harus kuat. Karena pinggang adalah lambang dari kekuatan tubuh. Ayat di atas merupakan perupamaan yang disampaikan Tuhan Yesus bahwa kita perlu menguatkan diri kita. 

Ada beberapa ayat yang disampaikan di dalam Alkitab tentang “ikat pinggang kebenaran” ini, diantaranya:

Pertama, Firman Tuhan adalah Kebenaran Yang Membuat Seseorang Tetap Kuat Di Sepanjang Musim. 
Dengan kata lain, orang yang hidupnya menyertakan Tuhan sebagai kekuatannya maka orang itu akan bertumbuh dan berbuah serta hidupnya menjadi berkat bagi banyak orang. 

Mazmur 1:3 

“Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”

Kedua, Firman Tuhan Itu Memiliki Kekuatan Dan Lebih Tajam Daripada Pedang Bermata Dua Yang Mampu Menolong Kita Menghadapi Tantangan Apapun. 
Dan orang yang menghidupi firman Tuhan atas hidupnya diberikan kemampuan untuk mempertimbangkan mana yang merupakan kehendak manusia dan kehendak Tuhan. 

Ibrani 4:12-13

"Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.” 

Berdiri teguh di dalam kebenaran firman Tuhan sangat penting untuk kita bisa bertumbuh dan selalu kokoh. Karena itu, saya mau menantang kita semua untuk merefleksikan diri kita: Apakah kita sudah mengkonsumsi firman Tuhan? Apakah kita sudah menaruh pusat pikiran kita kepada Tuhan? Atau apakah kita sudah menaruh setiap keputusan kita sesuai dengan kebenaran firman Tuhan? Mari sertakan Tuhan di dalam seluruh kehidupan kita karena ini adalah kunci supaya kita bisa meraih kemenangan demi kemenangan di dalam hidup.

Biarlah kebenaran firman Tuhan mampu menguatkan kita semua sepanjang hari ini dan hari-hari ke depan. 

Action: Ambil satu kebenaran firman Tuhan yang bisa kamu pegang dan hidupi hari ini dan sepanjang satu pekan ke depan. Perkatakan itu atas hidupmu, keluargamu dan bahkan atas bangsamu. 

Ayat Hafalan: 

Efesus 6:11

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.”

source: jawaban.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *