“Jangan Takut, Belajarlah seperti Gideon soal menghadapi masalah.” 2 Timotius 1:7

"Jangan Takut, Belajarlah seperti Gideon soal menghadapi masalah."
2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. 2 Timotius 1:7

Biasanya saat seseorang takut pada sesuatu, dia akan mulai gemetaran. Dia tak punya ide tentang apa yang harus dilakukan, sampai pada akhirnya mereka tak melakukan apa-apa.
Firman Tuhan sendiri berkata kalau roh ketakutan itu bukanlah bagian kita. Dia sama sekali gak memberikan kita roh ketakutan.
Ketakutan menyebabkan kita kehilangan bagian dari rencana besar Tuhan. Kita bisa menyaksikan hal ini dari penggalan kisah hidup Gideon. Sejak awal Tuhan memanggilnya, Dia adalah orang yang penakut. Apalagi saat dia disuruh untuk menyelamatkan orang Israel lewat perang melawan orang Midian. Gideon terus-menerus menguji Tuhan dan pada gilirannya, Tuhan sendiri semakin mengkonfrontasi ketakutannya lewat kuasaNya.
Di Hakim-hakim 7, saat Gideon bersiap-siap untuk berperang melawan orang-orang Midian, Tuhan menyatakan dengan jelas kalau Dia mau orang-orang Israel memujiNya atas kemenangan itu. Jadi, Tuhan memutuskan untuk memangkas jumlah pasukan Gideon. Sebanyak 22.000 pasukan yang ketakutan (Hakim 7: 3), lalu mengemas tas mereka dan pulang.
Sisanya tinggal 10.000 pasukan, tapi Tuhan berkata kalau jumlah itu masih terlalu besar. Lalu Tuhan menawarkan jumlah yang lain yaitu sebanyak 300 pasukan.
Kadang, Tuhan memintamu untuk melakukan hal-hal yang tidak praktis.
Dalam kasus Gideon, sebanyak 300 pasukan itu dengan setia mengikuti perintah Allah, meskipun tidak mengenakan senjata tapi mereka pergi berperang dengan terompet dan ketapel saja. Karena kesetiaan mereka kepada perintah Allah, mereka memenangkan dan mengalahkan orang Midian. Di sisi lain, 22.000 pasukan lainnya yang pulang ke rumahnya masing-masing justru tak mendapatkan pengalaman perang yang paling bersejarah itu. Semuanya karena mereka berlari dari takdir dan membuka diri dihantui rasa takut.
Kita semua punya rasa takut. Musuh mau melumpuhkan kita dengan rasa takut itu, tapi Tuhan mau kita berjalan dengan iman dan menanamkan keberanian di dalam kita untuk mengikuti Dia.
Hari ini Tuhan memanggilmu untuk berjalan dengan iman, bukan dengan rasa takut. Tentu saja, kamu akan menghadapi musim-musim ketakutan tapi di masa-masa itukamu harus berdoa supaya Tuhan memberimu keberanian untuk berdiri teguh dan berdiri di dalam apa yang Ia kehendaki dalam hidup kita.
Jangan meragukan kuasa Tuhan dalam hidupmu. Karena pertempuran itu bukan milikmu, tapi milik Tuhan.

No Comments Yet.

Leave a comment