About us

about the pastor

  • Pdt. Sutadi Rusli
    Lahir di Jakarta, 24 Juli 1954. Menjabat sebagai Gembala Rayon 7 Bogor.
  • Pdt. Benny Kohar
    Lahir di Ambon, 11 Oktober 1949. Menjabat sebagai Wakil Gembala 1 Rayon 7 Bogor, Gembala Jemaat Jalan Pajajaran Bogor dan…
  • Pdm. Agustina Harahap
    Lahir di Bangka, 29 Agustus 1955. Menjabat sebagai Wakil Gembala 2 Rayon 7 Bogor dan Koordinator Wanita Bethel Indonesia GBI…
  • Pdt. Sugita Christanto
    Lahir di Cipari, 24 November 1934. Menjabat sebagai Wakil Gembala 3 Rayon 7 Bogor, Gembala Jemaat Gunung Putri dan Ka.Dept.…

profil gereja

GBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya

1990, Pdt. Ir. Niko Njotorahardjo mendapatkan visi untuk melakukan Pemulihan Pondok Daud yaitu Pemulihan Pujian dan Penyembahan di beberapa daerah, termasuk di kota Bogor.
Untuk maksud tersebut, didirikanlah suatu wadah "Bogor Praise Center." Wadah ini berdiri atas kerja sama antara BKSG (Badan Kerja Sama Gereja-gereja) Bogor dan GBI Bethany Jakarta, dan diadakan setiap bulan satu kali.
1992, guna melanjutkan visi ini, maka didirikanlah Persekutuan Doa Bogor yang bernama "Immanuel" oleh tiga orang: Bapak Sofjan Nagawan, Bapak Sitompul, dan Pdt. Sutadi Rusli. Persekutuan Doa ini diadakan di jalan Suryakencana Bogor, di bawah pembinaan GBI Bethany Karsa Pemuda Jakarta. Dalam Persekutuan Doa ini ada sekitar 20-30 orang yang setia hadir setiap hari Rabu dan rindu untuk dipulihkan dalam pujian dan penyembahan. Persekutuan ini semakin berkembang dan bertambah dengan jiwa-jiwa baru hingga lebih dari 100 orang.
1994, GBI Bethany Jakarta mencanangkan Family Altar (sekarang Community of Love - COOL) sebagai salah satu program utama. Seluruh Persekutuan Doa dilebur menjadi kelompok-kelompok sel Family Altar, termasuk yang di Bogor. Ada kerinduan agar jemaat yang di Bogor juga mempunyai tempat ibadah sendiri di Bogor.
11 Juni 1995, diadakan ibadah perdana GBI Bethany Bogor di Ruang Poso, Sports Club Bogor Lakeside (sekarang Danau Bogor Raya), yang dihadiri oleh sekitar 200 orang. Dengan demikian, GBI Bethany Bogor merupakan gereja yang pendiriannya berasal mula dari Persekutuan Doa Family Altar. Pada tahun yang sama, Bapak Sitompul telah dipanggil Tuhan kembali ke rumah Bapa di Sorga sementara begitu banyak jiwa yang harus digembalakan. Selama tahun pertama, GBI Bethany Bogor mulai juga membuka di Cibinong, lalu Bogor Utara, Bogor Selatan, dan merambah ke daerah-daerah lain.
2000, GBI Bethany Bogor telah memiliki 32 jam ibadah raya setiap minggu pada 25 tempat ibadah dengan jumlah jemaat kira-kira 3500 jiwa.
2002, menurunkan nama Bethany dan Successful Bethany Families sesuai dengan visi gereja induk GBI Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Gereja ini sekarang disebut sebagai GBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya. Dengan seluruh cabangnya, telah ada 34 tempat ibadah dengan 45 jam ibadah.

pengakuan Iman GBI

Aku percaya bahwa :Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah yang diilhamkan oleh Roh Kudus.
Allah yang Maha Esa itulah Allah Tritunggal yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus, tiga pribadi di dalam Satu.
Yesus Kristus adalah Anak Allah yang Tunggal yang dilahirkan oleh Perawan Maria yang dinaungi oleh Roh Kudus, bahwa Yesus telah disalibkan, mati, dikuburkan dan dibangkitkan pada hari yang ketiga dari antara orang mati, bahwa Ia telah naik ke Surga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa sebagai Tuhan, Juruselamat, dan pengantara kita.
Semua manusia sudah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah sehingga harus bertobat dan berpaling kepada Allah untuk menerima pengampunan dosa.
Pembenaran dan kelahiran baru terjadi karena iman di dalam darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh Roh Kudus.
Setiap orang yang bertobat harus dibaptis secara selam dalam Nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, yaitu dalam Nama Tuhan Yesus Kristus.
Penyucian hidup adalah buah kelahiran baru karena percaya dalam darah Yesus Kristus yang dikerjakan oleh kuasa Firman Allah dan Roh Kudus; karena itu kesucian adalah asas dan prinsip hidup umat Kristen.
Baptisan Roh Kudus adalah karunia Tuhan untuk semua orang yang telah disucikan hatinya; tanda awal baptisan Roh Kudus adalah berkata-kata dengan bahasa roh sebagaimana diilhamkan oleh Roh Kudus.
Perjamuan Kudus dilakukan setiap kali untuk meneguhkan persekutuan kita dengan Tuhan dan satu dengan yang lain.
Kesembuhan ilahi tersedia dalam korban penebusan Yesus untuk semua orang yang percaya.
Tuhan Yesus Kristus akan turun dari sorga untuk membangkitkan semua umat-Nya yang telah mati dan mengangkat semua umat-Nya yang masih hidup lalu bersama-sama bertemu dengan Dia di udara, kemudian Ia akan datang kembali bersama orang kudus-Nya untuk mendirikan Kerajaan Seribu Tahun di bumi ini.
Pada akhirnya semua orang mati akan dibangkitkan, orang benar akan bangkit pada kebangkitan yang pertama dan menerima hidup kekal, tetapi orang jahat akan bangkit pada kebangkitan yang kedua dan menerima hukuman selama-lamanya.